Kedahsyatan Black Hole

Lubang hitam (Black hole) merupakan fenomena tengah marak diperbincangan. Bagaimana tidak semua material yang berada di angkasa akan ditarik kedalamnya.  Sebelum membahas lebih lanjut tentang black hole , ada baiknya untuk mengkaji ulang tentang dimensi ruang dan waktu.

Ilustrasi Blackhole mendekati planet

Penjelasan Dimensi Ruang Dan Waktu 

Kelengkungan ruang

 Ruang merupakan panjang , tinggi dan lebar. Sedangkan waktu merupakan lama yang diperlukan untuk menempuh ruang tersebut. Contohnya perjalanan menuju sekolah . Kelengkungan ruang merupakan kelengkungan yang timbul akibat dari massa benda. Sedangkan kelengkungan waktu ialah perbedaan waktu antara bagian yang melengkung dengan bagian yang datar.

Dilatasi waktu


Seperti kasus kembar si A dan si B. Si A berniat untuk menjelajah luar angkasa sedangkan si B memutuskan untuk tetap berada di bumi. Saat si A kembali ke permukaan bumi maka si A akan keliatan muda sedangkan si B malah akan menua. Peristiwa inilah yang dinamakan dilatasi waktu.. Contohnya seperti film interstellar , ketika copper dkk menjelajahi planet miller yang sangat dekat dengan blackhole. Waktu  menit disana seperti 7 tahun dibumi. Itu benar dan sudah terbukti oleh fisika modern. Teori inilah yang diungkapkan oleh Einstein.

Black Hole

 Black hole merupakan pemusatan massa yang mempunyai gravitasi yang sangat besar. Bahkan cahaya tidak dapat kembali setelah memasuki blackhole. Akhir akhir ini fenomena Black hole tengah ramai diperbincangkan . Dikarenakan kekuatan gravitasinya yang amat besar mampu menyedot seluruh material yang ada dipermukaan bumi termasuk bumi sekalipun.

 Namum Black hole hanya mampu menyedot benda yang berada didekatnya saja sedangkan jarak antara bumi dan blackhole sangat jauh yaitu sekitar 7800 tahun cahaya yang artinya diperlukan waktu selama 7800 tahun bagi cahaya untuk sampai kesana. Black hole memiliki ukuran yang berbeda beda, mulai dari yang kecil sampai yang besar. Black hole kecil berukuran sekitar 1 centimeter namun dilaporkan bahwa ukuran yang sedemikian kecil itu mempunyai bobot sebesar bumi. Black hole ukuran besar berdiameter 3 km dan mempunyai bobot sebesar matahari. Jadi besar massanya lah yang menyebabkan gravitasi yang sangat besar.

Blackhole  tercipta dari bintang supermassive. Bintang supermassive ialah bintang yang memiliki massa ratusan kali lebih besar dari matahari. Ketika bintang tersebut mati maka terciptalah blackhole. Matahari bukan termasuk bintang supermassive jadi jika matahari mati maka tidak ada kemungkinan terbentuknya blackhole.

VY Canis Majoris merupakan planet terbesar yang pernah dijumpai dan kemungkinan akan menjadi blackhole jika mati



Proses Terbentuknya Black hole

Ledakan besar Supernova

    Bintang supermassive memiliki umur yang pendek daripada bintang bintang lain pada umumnya. Dikarenakan lebih cepat dalam penghabisan bahan bakar. Pada bintang , terdapat tekanan hidrostatik yaitu tekanan ke luar untuk pelepasan energi dan tekanan kedalam akibat dari gaya gravitasi. Jika bahan bakar bintang habis maka otomatis pelepasan energi akan terhenti sehingga seluruh material akan ditarik ke pusat oleh gravitasi dan menyebabknan tekanan yang besar kepusat. Lama kelamaan , akibat dari tekanan yang besar dipusat akan terjadi ledakan besar yang dinamakan supernova.

Supernova hanya terjadi pada bintang bermassa besar sehingga dapat meledakkan dirinya sendiri. Ketika bintang tersebut meledak maka akan terbentuk sebuah pusat gravitasi yang amat besar. Pusat gravitasi yang besar itulah yang dinamakan lubang hitam atau black hole.

Black hole yang terbentuk


Pertumbuhan Black hole

  Dikarenakan gravitasi yang besar maka semua benda di angkasa akan ditarik kedalamnya. objek luar yang tidak mampu menjaga jarak aman akan tersedot oleh blackhole. Semakin banyak benda yang disedot makan semakin besar dan cepat pertumbuhan blackhole tersebut. Di angkasa terdapat banyak lubang hitam layaknya percikan pasir. Jika terdapat banyak blackhole diangkasa bagaimana jika terjadi tabrakan oleh sesama blackhole ? jika terjadi tabrakan oleh sesama blackhole maka blackhole akan menambah massanya menjadi lebih besar dan gravitasinya juga akan lebih besar.


Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
February 4, 2016 at 7:07 PM ×

gimana jadinya yahh kalau manusia yang terjebak kedalam black hole??

Reply
avatar
Unknown
admin
February 4, 2016 at 7:19 PM ×

manusianya bakal mati gan , karna gravitasi dari blackhole nya besar banget. Bumi aja bisa ditarik apalagi manusia. Perumpamaannya kaya karet gitu (ditarik ampe hancur)

Reply
avatar

- -

-                                                                                            -