Kasus Girl in the Box - Dikurung, Disiksa, Diperkosa selama 7 tahun - Syndrom Stockholm

Girl in the Box, SURVIVING A NIGHTMARE


  Sekarang ini, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kasus penculikan. Disetiap jam,menit ,dan detik di seluruh pelosok dunia. Objek yang dicuri pun bermacam-macam, umumnya yang sering terjadi itu ialah penculikan perhiasan, pena (?), dan pacar (?). Kasus penculikan merupakan kejahatan yang serius dan hukumannya berupa kurungan penjara diatas 5 tahun bagi yang berumur 17 tahun keatas.Salah satu kasus penculikan yang pernah menghebohkan diabad 19 ialah kasus penculikan seorang wanita yang dikurung didalam box kayu yang berbentuk seperti peti mati selama 7 tahun lamanya. Kasus ini dikenal sebagai Kidnapping of Colleen Stan atau Girl in the box.


Dari kiri Cameron Hooker-Collen Stan-Janice Hooker


  Colleen Stan ialah seorang wanita (20 tahun) yang diculik dan dijadikan sebagai budak seks selama 7 tahun (1977-1984) oleh Cameron dan Janice Hooker di Red Bluff, California. Penculikan terjadi saat Colleen Stan berkeinginan untuk mengunjungi pesta ulang tahun temannya. Ketika diperjalanan, dia bertemu dengan keluarga Hooker( Cameroon dan Janice) yang menawarkan untuk memberi tumpangan. Di kala itu, dia menerima tawaran mereka seperti yang dia katakan pada saat diwawancarai dikarenakan dia melihat istrinya (Janice) bersama bayi berada didalam mobil tersebut. Dia dibawa di suatu tempat terpencil yang kemudian menyadarkannya bahwa dia sedang diculik oleh keluarga Hooker.

Colleen Stan
  Colleen Stan dikurung hidup-hidup di dalam box kayu selama 23 jam sehari dan hal ini berlangsung hingga 7 tahun lamanya. Menurut pengakuannya, dia diikat,ditelanjangi,dicambuk,dan dijadikan sebagai budak pemuas nafsu oleh Cameron Hooker. 1 tahun setelah penculikan, Colleen Stan diminta untuk menjadi budak keluarga Hooker seumur hidupnya dan membiarkannya keluar untuk menjaga anak dari keluarga Hooker. Meskipun ada peluang untuk melarikan diri, Colleen Stan sama sekali tidak berniat untuk kabur. Menurut pengakuannya, dia mengatakan bahwa dia diancam bahwa ada suatu organisasi gelap yang bernama "The Company" yang akan membahayakan keluarganya jika dia bertindak tidak sesuai perintah. Sedangkan menurut seorang ahli psikologi, Colleen Stan mengidap Sindrom Stockholm yang merupakan respon psikologi dimana dalam kasus-kasus tertentu para sandera penculikan menunjukkan tanda-tanda kesetiaan kepada penyanderanya tanpa memperdulikan bahaya atau risiko yang telah dialami oleh sandera itu.



  Jelang beberapa bulan setelah dibebaskan, Collen Stan dikurung kembali dan menurut pengakuannya, box tempat dia dikurung berada tepat dibawah ranjang keluarga Hooker. Hari demi hari dia lewati didalam box dengan kadar oksigen yang kurang dan ketika musim panas tiba, suhu udara didalam box akan meningkat drastis. Kesengsaraannya berakhir pada tahun 1984 ketika istri dari Camoeron melaporkan suaminya sendiri kepada polisi. Diketahui bahwa istrinya cemburu buta dengan Colleen Stan yang akan dijadikan istri kedua oleh Cameron Hooker. Cameron dilaporkan dengan tuduhan pencurian,penyiksaan dan pemerkosaan terhadap seorang wanita bernama Colleen Stan selama 7 tahun. Atas laporan dari istrinya Janice, Cameron dihukum dengan kurungan penjara selama 104 tahun lamanya dan ditetapkan sebagai seorang psikopat terkejam di dunia.

  Ketika dibebaskan, Colleen Stan melanjutkan pendidikan sarjananya dibidang akutansi, menikah dan mempunyai seorang anak perempuan. Kini, dia juga bergabung didalam suatu organisasi yang bertujuan untuk  menolong perempuan-perempuan yang disiksa (abused women).

  Bahkan setelah  kasus ini berakhir,sebuah lagu berjudul "Jack in the Box" dirilis oleh band amerika Elysian Fields yang liriknya diangkat dari kisah nyata Colleen Stan.

Ini lirik lagu Jack in the Box

It's been seven years now
Living in this box
Closed in on all sides
No light, just dark
He kept me under the bed
I'd pray for it to stop
He's lock me safely away
And lie on top
Pop the latches, open the hatches
Out comes Jack in the Box
Doing tricks and taking licks
Out comes Jack in the Box
I was an uncut marionette
Hanging by his steel cable thread
I was a shadow dancer
A thousand shakes of red
There's too much light, it's far too bright
I see things much too clearly
There's too much light, it's far too bright
Oh so weary
Pop the latches, open the hatches
Out comes Jack in the Box
Doing tricks and taking licks
Out comes Jack in the Box
If this is all of life outside
Please put me where I'm happy
Where I won't know what to think of this
Black and black, almost sleeping
Please lock me up
Shut me up
Shut up
Jack in the Box
Please lock me up
Shut me down
Jack in the Box



Dan bahkan pada september 2016 , sebuah film dokumenter yang berdurasi 2 jam berjudul Colleen Stan : Girl in the Box dirilis.

Nih buat yang mau nonton beberapa video yang membahas tentang Colleen Stan :
https://www.youtube.com/results?search_query=colleen+stan

Sekian

Previous
Next Post »

- -

-                                                                                            -