Proses Terbentuknya Awan


       Awan merupakan sekumpulan tetesan air didalam atmosfer yang terbentuk karena adanya pengembunan uap air didalam udara.Proses pembentukan awan biasanya melibatkan proses kondensasi.Kondensasi merupakan proses dimana uap uap air berubah menjadi cairan.Kondensasi sering juga dianggap sebagai sesuatu yang krusial karena tanpa adanya proses kondensasi maka awan tidak akan terbentuk. Kondensasi juga merupakan lawan dari penguapan.


Bagaimana proses terbentuknya awan ?

Udara yang panas akan membuat air yang ada dilaut , sungai maupun danau menguap. Uap air yang hangat tersebut akan menguap naik ke atas langit dan akan melalui tahap pendinginan.Hasilnya, uap air tersebut akan berkondensasi membentuk butiran butiran air yang nantinya akan berubah menjadi awan. Awan tersebut akan semakin membesar waktu demi waktu dan akan memiliki massa yang lebih berat dari sebelumnya sehingga daya tarikan bumi akan menariknya kebawah dan terjadilah hujan.Kadangkala suhu udara yang terlalu dingin dapat menyebabkan butiran air membeku dan akan jatuh kebawah sebagai salju.


Klasifikasi Awan

- Awan cirrus 
Awan cirrus merupakan awan yang sangat halus dan berstruktur seperti serat.Biasanya mirip seperti bulu halus.Awan ini biasanya akan terbentuk pada suhu udara yang dingin.Awan ini juga terletak pada ketinggian yang cukup tinggi dan memiliki pinggiran yang tidak jelas serta tidak dapat menimbulkan hujan.



- Awan Stratus
Awan stratus memiliki ketinggian yang cukup rendah (terletak dibawah 2000 meter).Awan ini berstruktur rata dan biasanya selalu menutup sebagian permukaan langit.


- Awan Kumulus
Awan kumulus merupakan awan tebal yang biasanya menggumpal yang terlihat mengambang dilangit.Awan ini merupakan kelompok dari gerakan vertikal keatas.Biasanya awan ini terletak pada ketinggian 500-1500 meter.


- Awan Nimbostratus
Awan ini biasanya berbentuk compang camping atau mempunyai struktur yang tidak jelas , berwarna gelap dan diindonesia awan ini hanya menyebabkan gerimis.


Previous
Next Post »

- -

-                                                                                            -