Mengapa Kantong Semar Memakan Serangga ?


Genus Nepenthus atau lebih akrab disebut kantong semar merupakan tumbuhan karnivora yang juga terdapat di Indonesia. Bukan hanya di Indonesia tetapi di negara-negara lain seperti Malaysia , Filipina , Sri langka , Vietnam dan sebagainya. Namun populasi terbesarnya terdapat di pulau Borneo dan  Sumatera Utara.

Mengapa kantong semar memakan serangga ? 
Pada umumnya tumbuhan kantong semar hidup di area yang memiliki kandungan unsur hara yang rendah. Hal itu membuat daun pada nepenthus beradaptasi dengan sekitarnya membentuk kantong yang dijadikan sebagai perangkap serangga. Jadi tidak seperti tumbuhan lainnya yang secara umum dapat hidup dengan memperhatikan jenis maupun kandungan tanahnya. Kantong semar dapat dengan mudah menarik perhatian serangga dan serangga yang telah masuk kedalam kantong akan dicerna oleh bantuan enzim. Serangga yang sudah terperangkap akan sulit untuk kabur karena dinding bagian dalam bersifat licin.

Ciri - Ciri Tumbuhan Kantong Semar

Biasanya kantong semar dapat tumbuh hingga ketinggian 15 - 20 meter. Kantong semar mempunyai tiga wujud kantong yaitu kantong atas , kantong roset dan kantong bawah. Kantong atas biasanya digunakan untuk memancing serangga seperti nyamuk maupun lalat. Kantong roset mempunyai wujud yang serupa dengan kantong bawah dan biasanya terdapat di bagian depan daun berbentuk roset sedangkan kantong bawah tergeletak ditanah dan digunakan sebagai alat bantu untuk memancing serangga yang tergeletak ditanah seperti semut.
Nepenthus juga mempunyai penyebaran yang amat luas sehingga dapat dikelompokkan menjadi 2 wilayah  yaitu dataran tinggi dan tepi pantai. Habitat yang paling besar terdapat di dataran tinggi dan pernah ditemukan genus nepenthus yang hidup pada ketinggian 3520 meter.

Manfaat Tumbuhan Kantong Semar

Selain keunikannya sebagai pemakan serangga , kantong semar juga mempunyai beberapa manfaat. Bukan hanya sebagai tanaman hias , tanaman ini juga mempunyai manfaat yang tidak kalah mutlak yaitu sebagai indikator iklim. Bila pada suatu lokasi ditemukan tumbuhan kantong semar maka wilayah tersebut memiliki curah hujan yang tinggi , kelembapan diatas 75 % dan kandungan unsur hara yang rendah. Masyarakat desa juga sering manjadikan batang tumbuhan kantong semar sebagai tali untuk mengikat barang dan air rebusannya dapat dijadikan obat batuk maupun obat demam. Disamping itu , nepenthus dapat dijadikan sebagai sumber air minum untuk para pendaki atau petualang.
Dengan keindahan dan keunikannya tidak heran bahwa tumbuhan jenis satu ini sangat digemari oleh masyarakat banyak.
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Unknown
admin
February 4, 2016 at 5:34 PM ×

artikel nya sangat membantu gan

Reply
avatar
Unknown
admin
February 4, 2016 at 6:11 PM ×

ohh jadi begitu ya gan baru tahu saya ternyata kantong semar makan bukan karena lapar begitu nice artikel gan

Reply
avatar

- -

-                                                                                            -