Petrichor , Aroma Khas Saat Hujan

  The smell of earth after raining. Dry..and warm..which known as petrichor.

The smell of earth after rain.
   Petrichor adalah bau khas yang dapat kita temukan ketika hujan turun membasahi tanah yang kering. Biasanya akan lebih terasa ketika dibarengi dengan kondisi terik. Sebenarnya darimana sih aroma khas ini berasal ? aroma yang memberikan makna mendalam tentang kehidupan , aroma yang membawa kita untuk mengenang masa masa kecil yang indah dan tak terlupakan.
   Istilah dari petrichor diciptakan dari kosa kata yunani oleh dua ilmuwan australia bernama Bear dan Thomas dalam jurnal ilmiahnya yang berjudul "nature". Diyakini bahwa penyebab aroma khas ini bermacam-macam, mulai dari uap minyak , bakteri dan sebagainya.

1. Bakteri Actinobacteria dan Bakteri Cyanobacteria

Actinobacteria

  Salah satu  penyebab aroma khas ini ialah bakteri Actinobacteria. Bakteri ini hidup di tanah yang lembab dan kering. Ketika tanah mengering , bakteri ini akan melepaskan spora dan disaat hujan turun , molekul molekul dari spora akan rusak dan terlepas ke udara. Pelepasan molekul spora tersebut dibawa oleh angin dan nantinya akan terhirup oleh manusia. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya bau hujan.
  Ternyata penyebab dari bau hujan bukan hanya dari pelepasan spora. Bakteri Actinobacteria dan Cyanobacteria juga dapat menghasilkan suatu senyawa organik bernama geosmin. Geosmin merupakan suatu senyawa kimia yang dihasilkan oleh mikroba saat mati. Geosmin yang diproduksi akan terkena terpaan hujan dan akan menimbulkan aroma yang dikenal dengan sebutan petrichor. Menariknya lagi , geosmin dengan konsentrasi yang sangat-sangat kecil juga bisa dirasakan oleh manusia , hal ini juga dimanfaatkan oleh unta untuk menemukan sumber air bahkan dengan jarak sejauh 5 mil atau sejauh 8 km.FYI , ternyata petrichor sudah ada namanya dalam senyawa kimia lho.. nama senyawanya adalah 2-decanone.

Geosmin

2. Senyawa sejenis minyak yang dihasilkan oleh tumbuhan



Tumbuhan menghasilkan sejenis minyak yang terkumpul di beberapa permukaan seperti bebatuan. Ketika hujan datang , tetesan hujan akan bereaksi dengan minyak yang dihasilkan oleh tumbuhan tersebut dan akan terlepas keudara dalam bentuk gas. Gas inilah yang nantinya menimbulkan bau hujan.

3. Ozon





Aroma lain terkait hujan adalah ozon. Ozon terdiri dari tiga unsur oksigen yang saling berikatan. Selama badai , petir dapat memisahkan unsur unsur oksigen dan nitrogen. Dan setelahnya unsur unsur tersebut akan bergabung kembali membentuk senyawa oksida nitrat (NO). Senyawa ini akan berbaur dengan senyawa kimia lain membentuk ozon. Ozon memiliki bau yang tajam dan khas. Ketika seseorang mencium bau hujan dan mengatakan bahwa hujan akan segera turun , mungkin angin dari badai telah membawa ozon turun dari atmosfer yang kemudian dicium oleh sistem pernapasan manusia.

Beberapa orang mungkin membenci hujan karena sering dikaitkan dengan berita dukacita. Tapi selebihnya hujan justru mempunyai cerita yang menyenangkan. Berjalan ditengah hujan , merasakan guyuran hujan yang deras bahkan setelah hujan berhenti pun menimbulkan banyak kesan. Bau hujan , tetesan air dari dedaunan , udara yang sejuk seakan akan membawa kita kemasa-masa yang tak terlupakan.


Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
February 6, 2016 at 7:27 AM ×

Baunya sedap kalo hujan,seger

Reply
avatar
Farih
admin
February 6, 2016 at 4:29 PM ×

wih baru tau ane gan, btw kan pernah tu ada hujan darah itu penyebabnya kenapa gan?

Reply
avatar
Unknown
admin
February 20, 2016 at 3:21 AM ×

hmm, sampai sekarang belum ada kepastiannya gan.
Ada yang bilang penyebabnya trentepholia(sejenis ganggang hijau). Mungkin hampir semua pohon atau batu-batuan disana ditutupi sama lumut jenis ini dan tingkat lumut diwilayah tsb sudah cukup buat menciptakan spora yang membuat air hujan jadi merah. Cuman ane masih pusing cara sporanya terangkat bagaimana..

Reply
avatar

- -

-                                                                                            -