Mengenal Galaksi Kita , Galaksi Bima Sakti

  Galaksi merupakan tempat beradanya seluruh bintang bintang termasuk bumi dan matahari. Galaksi juga merupakan kumpulan dari berbagai macam benda angkasa dan materi yang terikat pada pusat gravitasi. Galaksi yang kita tinggali saat ini ialah galaksi bima sakti atau secara umum dikenal sebagai milky way.

Milky Way
 Bima sakti memiliki tebal sekitar 1000 tahun cahaya dan berdiameter 100.000 cahaya. Galaksi ini berbentuk spiral dan materi penyusunnya terdiri dari berbagai macam gas bintang serta dark matter.

Pada pusat galaksi terdapat lubang hitam yang mempunyai gravitasi yang amat besar. Jadi tidak heran jika galaksi bima sakti juga dapat menyedot semua benda langit yang berada didekatnya. Galaksi bima sakti juga memiliki lengan yaitu lengan norma , lengan scutum crux , lengan cygnus , lengan sagitarius , lengan orion dan lengan perseus. Matahari dan bumi terletak di lengan orion.

Lengan Galaksi


Penamaan Galaksi Bima Sakti


Penamaan galaksi bima sakti berkaitan dengan unsur mithology dari indonesia di pewayangan. Orang dahulu percaya bahwa pewayangan terjadi diindonesia. Bima diutus oleh Bishma (gurunya) untuk pergi mencari sarang angin. Ketika tiba di lautan Bima dihadapkan pada seekor naga dan terjadilah pertempuran dashyat. Lilitan dari naga tersebut dianggap sebagai galaksi karena bentuknya yang dibilang mirip. Karena kekuatannya yang dasyat itulah yang dijadikan sebuah nama galaksi.

Materi Penyusun Galaksi 
 
Dark Matter


Milky way tersusun dari berbagai macam gas bintang , dark matter dan dark energy. Dark matter ialah materi yang mempunyai massa tetapi tidak terlihat. Dark matter berperan sebagai beban tak terlihat pada galaksi. Hal seperti ini terjadi kepada seorang astronom yang mencoba untuk mengukur galaksi. Mereka mengatakan bahwa ada materi lain yang tak terlihat namum mempunyai massa.

Jika gaya gravitasi saling tarik menarik maka dark energy bersifat sebaliknya yaitu tolak menolak. Jika seseorang melemparkan benda keatas maka lama kelamaan benda tersebut akan mengalami perlambatan hingga jatuh pada tanah dikarenakan gaya gravitasi. Sedangkan dark energy menyebabkan benda yang telah dilempar keatas mengalami percepatan. Hal inilah yang terjadi pada seorang astronom yang mengamati bahwa pergerakan bintang semakin menjauh dari pusat galaksi.

Keberadaan Galaksi

Kalau dibandingkan , bumi hanya terlihat seperti sel sedangkan milky way sebesar sebuah negara

Seperti yang kita ketahui , Galaksi bima sakti memiliki ukuran yang besar. Didalam galaksi bima sakti diperkirakan terdapat sekitar 200 - 400 milyar bintang yang bergerak akibat dari pusat gravitasi. Jarak dari matahari hingga galaksi ialah sekitar 28.000 tahun cahaya.  Jika kecepatan cahaya adalah 3 x 10^8 maka jarak yang ditempuh dalam 1 tahun cahaya  sekitar 10^13 kilo meter. Pada galaksi bima sakti juga terdapat ribuan planet . Dan mungkin terdapat beberapa planet berpenghuni yang mirip seperti bumi.

Cahaya paling terang merupakan pusat galaksi


Teleskop hubble

Teleskop Hubble
    Teleskop hubble adalah teleskop antrariksa yang digunakan untuk mengambil gambar diluar angkasa. Teleskop ini memiliki ukuran sebesar bus dan nama dari hubble diambil dari seorang ilmuan terkenal Edwin Hubble yang juga menemukan teori hukum hubble. Teleskop hubble ini diluncurkan pada tahun 1990.  Beberapa tahun setelah pengoperasian tepatnya pada tahun 1993 teleskop hubble mengirim gambar buram dan tidak jelas. Pada akhirnya NASA menemukan bahwa bagian lensa teleskop mengalami kecacatan. Setelah itu muncullah pesawat luar angkasa dengan misi memperbaiki teleskop tersebut hingga pada akhirnya dapat bekerja dengan maksimal.

Previous
Next Post »

6 comments

Click here for comments
ADMIN
admin
February 4, 2016 at 6:18 PM ×

lumayan nih, buat nambah pengetahuan. kalau saya lebih suka sistem reproduksi manusia :D

Reply
avatar
Unknown
admin
February 4, 2016 at 7:02 PM ×

sama selera kita gan :D

Reply
avatar
Unknown
admin
February 4, 2016 at 7:02 PM ×

Terima kasih sudah berkunjung

Reply
avatar
Eko_P90
admin
February 5, 2016 at 12:39 PM ×

Weh, baru tau ternyata nama galaksi diambil dari mythologi rakyat Indonesia....
Bangga lah...

Reply
avatar

- -

-                                                                                            -