Asal Mula Kehidupan

Kehidupan

- Darimana ungkapan makhluk hidup berasal

Semua yang terdapat didunia ini dibedakan menjadi 2 yaitu makhluk hidup dan benda mati.Makhluk yang terbentuk dari sekumpulan banyak sel disebut makhluk hidup. Sedangkan makhluk yang tidak mempunyai sel atau terdiri dari sel mati disebut benda mati.
Makhluk hidup :
- dapat menghasilkan keturunan
- dapat bereaksi dengan rangsangan dari luar
- terdiri dari sekumpulan sel
Sedangkan benda mati mempunyai sifat yang sebaliknya.

- Mempersiapkan kelahiran makhluk hidup














   Bumi merupakan tempat dimana kita tinggal. Menurut para ilmuan , bumi sudah ada sekitar 4,8 milyar tahun yang lalu.Pada masa itu masih belum terdapat kehidupan. Jadi bagaimanakah kehidupan bisa muncul?
Sebelum terjadi kehidupan , didalam bumi berlangsung proses alam seperti sinar matahari yang kuat , gunung berapi yang memuntahkan lavanya , badai dan petir yang terus menghambar hambar. Suhu permukaan litosfer juga menurun yang mengakibatkan jatuhnya air ke permukaan sehingga terbentuknya laut. Nah dari proses alam tersebut mulailah terbentuk beberapa zat pembentuk kehidupan baru.
X : Jadi dulunya itu didalam bumi sudah terdapat oksigen ?

W : Pada masa awal terbentuknya bumi , Didalam bumi itu tidak terdapat oksigen melainkan
      terdapat zat zat seperti nitrogen dan karbon dioksida.

 - Proses terbentuknya zat anorganik menjadi zat organik


Zat-zat seperti nitrogen (N) , karbon dioksidan (CO2) dan air (H2O) bergabung dan menghasilkan zat baru seperti hidrogen sianida (HCN) dan aldehida.Zat baru tersebut membaur dilaut dan menghasilkan zat baru lainnya seperti asam nukleat , asam fosfor dan ribosa. Proses tersebut terus berlangsung dan mulailah terbentuk zat - zat baru lainnya.
Zat-zat organik ini lalu bersatu, dan akhirnya bahan bahan pembentuk kehidupan mulai muncul.Zat organik pembentuk makhul hidup seperti asam amino membentuk protein. Sedangkan zat organik pembentuk makhluk hidup seperti nukleotida bersatu dan membentuk polinukleotida. Polunukleotida merupakan inti yang paling penting dari RNA dan DNA. Bahkan sampai sekarang , proses pembuatan zat pembentuk makhluk hidup masih berlangsung didalam laut.


- Nukleotida dan asam amino

Beberapa nukleotida akan bersatu dan membentuk RNA sedangkan beberapa asam amino akan bersatu dan membentuk protein.
Ada satu hal penting disini. RNA dapat menduplikasikan dirinya atau dengan kata lain dapat menciptakan anak yang mirip dengan dirinya sendiri.
X : owh.. membuat keturunan kan salah satu sifat makhluk hidup ?
W : betul sekali ! aktivitas kehidupan akan dimulai disini. Proses ini biasanya disebut kontruksi RNA

- Bertemunya Protein dengan RNA


RNA akan menghadapi kesulitan untuk membuat anaknya sendiri. Dari situlah RNA akan bekerja sama dengan protein untuk membuat anak RNA sehingga dunia RNA dan protein akan meluas.

Dunia DNA

Proses bersatunya protein dan RNA berlangsung secara terus menerus sehingga lahirnya DNA
Dengan adanya DNA , seluruh persiapan pembentuk kehidupan sudah siap.

- Munculnya sel Prokariotik dan sel Eukariotik

DNA , RNA dan protein mempunyai tugasnya masing masing. DNA yang strukturnya lebih besar dibandingkan dengan RNA akan bergabung dengan ribosa membentuk selaput sel. Maka terbentuklah sel pertama yang disebut sel prokariotik



NB : sel ini muncul sekitar 3,8 milyar tahun yang lalu dan masih belum ada intinya. Strukturnya mirip dengan bakteri yang ada  pada jaman sekarang.
 X : tapi masih belum ada oksigen kan? bagaimana sel itu bisa hidup ?
W : justru bagi sel tersebut oksigen bisa menjadi racun. Karena sel ini hanya bisa hidup ditempat yang tidak terdapat oksigen.Sel ini disebut sel prokariotik anaerob.
Setelah sel prokariotik ini lahir , mitokondria yang lama akan terperangkap dan bersimbiosis.Kemudian sel prokariotik melakukan fotosintesis dan menghasilkan oksigen.
X : bukannya sel prokariotik tidak tahan terhadap oksigen ?
W : tentu
Sel prokariotik tidak akan mati begitu saja dan akan memikirkan cara. Untuk melindungi DNA , sel prokariotik membentuk selaput sel yang akan membungkus DNA. Dengan lahirnya sel ini , terbentuklah sel eukariotik pertama.
- Evolusi makhluk hidup eukariotik

Sel eukariotik tumbuh menjadi makhluk eukariotik dan berevolusi dengan sangat cepat sehingga terbentuk makhluk-makhluk eukariotik baru lainnya.


- Lahirnya nenek moyang manusia dan hewan darat

 Makhluk hidup dilaut berevolusi secara bertahap dan akan naik ke permukaan darat. Setelah itu , amfibi dan serangga akan bertumbuh pesat. Ketika dinausaurus muncul,mereka menguasai bumi.Lalu munculah mamalia. Semua proses tersebut terjadi dalam waktu yang sangat lama.


Kesimpulan :
Awal terbentuknya bumi sampai lahirnya manusia
4,8 milyar tahun yang lalu --->  Munculah Bumi
3,8 milyar tahun yang lalu --->  Munculnya zat-zat hidup seperti DNA , RNA , protein dll
3 milyar tahun yang lau ---> Munculnya sel prokariotik dan mitokondria
1,5 milyar tahun yang lalu ---> Munculnya sel eukariotik
1 milyar tahun yang lalu --->  Sel eukariotik terus berevolusi dan munculah makhluk hidup bersel tunggal
500 juta tahun yang lalu --->  Munculah makhluk hidup bersel banyak . Makhluk hidup yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya akan musnah.
400 juta tahun yang lalu --->  Munculah flora dan fauna darat
5 juta tahun yang lalu --->  Munculah nenek moyang manusia (monyet)

 


Oldest

2 comments

Click here for comments
Unknown
admin
February 5, 2016 at 3:06 AM ×

semoga bermanfaat artikelnya

Reply
avatar

- -

-                                                                                            -