Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

Proses Fotosintesis

    Fotosintesis merupakan kata yang berasal dari bahasa yunani yaitu "foto" yang bermakna cahaya dan "synthesis" yang bermakna menggabungkan atau penggabungan. Secara sederhana fotosintesis diartikan sebagai proses memasak makanan. Proses fotosintesis ini sangat penting bagi tumbuhan untuk menghasilkan energi. Tidak hanya untuk tumbuhan , proses fotosintesis juga bermanfaat bagi makhluk hidup karena sebagian besar kadar oksigen dibumi dihasilkan oleh tumbuhan.Organ utama pada tumbuhan yang merupakan tempat terlaksanaanya proses fotosintesis adalah daun.

   Proses fotosintesis mutlak memerlukan cahaya sebab kata "foto" sendiri bermakna cahaya. Selain cahaya , proses fotosintesis juga memerlukan air dan karbondioksida.Adapun persamaan reaksi yang terjadi dalam proses fotosintesis adalah sebagai berikut :
                                
                                  6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2


proses fotosintesis pada tumbuhan


     Didalam daun terdapat klorofil. Klorifil atau zat hijau pada daun menyerap cahaya yang dipancarkan melalui matahari. Cahaya matahari tersebut akan memecah air menjadi hidrogen dan oksigen. Tumbuhan hanya memerlukan hidrogen jadi oksigen akan dibuang oleh tumbuhan.Oksigen yang dibuang akan bertemu dengan karbondioksida (CO2) dan menghasilkan glukosa. Glukosa inilah yang merupakan hasil fotosintesis dan merupakan sumber energi bagi tumbuhan yang berguna untuk proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Sisanya, cadangan glukosa akan disimpan pada daun , akar dan buah.

   Proses fotosintesis ini juga terdiri dari dua rangkaian reaksi yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang merupakan reaksi fotosintesis yang melibatkan cahaya sedangkan reaksi gelap merupakan reaksi yang tidak melibatkan cahaya melainkan hanya memanfaatkan karbondioksida.




Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Unknown
admin
February 4, 2016 at 6:10 PM ×

sangat bermanfaaat gan , jadi inget dulu masa sekolah

http://info99.gq

Reply
avatar
Unknown
admin
February 5, 2016 at 3:04 AM ×

Terima kasih sudah berkunjung

Reply
avatar

- -

-                                                                                            -