The Heike Crab , Hasil Seleksi Buatan Atau Pareidolia ?


The Battle of Dan-no-Ura by Yoshikazu
April 1185 merupakan garis akhir bagi kekaisaran clan Heike, Jepang. Setelah pertempuran Dan-no-ura yang dimenangkan oleh clan Genji , para anggota clan Heike menolak untuk menyerah dan melakukan bunuh diri secara bersamaan dengan menenggelamkan diri mereka ke laut sebab kematian dengan cara bunuh diri dianggap hal yang paling mulia saat itu.

Clan Heike yang menenggelamkan diri mereka di laut

Legenda jepang meyakini bahwa jiwa samurai Heike yang mati tenggelam itu diubah menjadi kepiting yang dikenal dengan nama The Heike Crab atau Samurai Ghost Crab. Hal ini disebabkan karena adanya kemiripan wajah samurai pada punggung kepiting Heike. Mereka juga beranggapan bahwa kepiting Heike tersebut berkeliaran di kedalaman laut jepang untuk mencari benda pusaka yang hilang dari kerajaan mereka.

The Heike Crab

Menurut Carl Sagan , Heike crab merupakan hasil dari seleksi buatan yang menyebabkan variasi indivudu pada suatu populasi.Ada beberapa pernyataan yang dikeluarkan oleh Carl Sagan diantaranya yaitu :
1. Beliau menyatakan bahwa kepiting dengan punggung berwajah samurai lebih bertahan hidup daripada kepiting pada normalnya hal inilah yang menyebabkan meningkatnya populasi Heike crab secara eksponensial.
2. kepiting dengan punggung berwajah samurai tidak dapat dimakan hal inilah yang menyebabkan nelayan disana membuang hasil tangkapan kepiting tersebut yang berakibat pada meningkatnya populasi.
3. Sebagian nelayan membuang hasil tangkapan berupa Heike crab untuk menunjukan rasa hormatnya kepada kekaisaran Heike.

Beberapa orang menyanggah pernyataan dari Carl Sagan karena mereka beranggapan bahwa itu hanyalah fenomena pareidolia (melihat wajah pada bidang-bidang tertentu) seperti halnya kita melihat gambar hewan pada awan.

Referensi :
http://students.wsc.ma.edu/dbagge7917/Project2/
https://arthropoda.wordpress.com/2010/01/26/samurai-crabs-transmogrified-japanese-warriors-the-product-of-artificial-selection-or-pareidolia/


Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
Dewiq ashifa
admin
March 30, 2016 at 9:15 AM ×

serem juga ygan the heike crabnya tp nice kok gan artikelnya thanks udah share

Reply
avatar
Unknown
admin
March 30, 2016 at 9:21 AM ×

Serem juga ya mas, thank udah share

Reply
avatar
William 1099
admin
May 10, 2016 at 6:36 PM ×

Thanks juga dah kemari

Reply
avatar

- -

-                                                                                            -