Penjelasan Lengkap Layar Monitor

  Seiring bertambahnya tahun, kualitas maupun perfoma daripada teknologi juga semakin berkembang. Salah satu hasil dari berkembangnya teknologi ialah monitor. Monitor adalah layar yang mengubah cahaya yang terpolarisasi menjadi gambar yang dapat kita lihat seperti sekarang. Di dalam monitor terdapat jutaan pixel kecil yang mempengatuhi kejernihan dari suatu gambar. Cara kerja monitor berbeda-beda tergantung dari jenis monitor seperti LCD atau yang dikenal dengan Liquid Crystal Display ,LED (LCD dengan metode pencahayaan LED) dll.

Cara kerja monitor LCD 

Jika kita mendekatkan dua pasang kacamata polarisasi secara searah, kita dapat melihat gambar daripada kacamata tersebut dengan jelas. Ketika kita merotasikan kacamata bagian depan secara perlahan, kita dapat mengamati bahwa gambar kacamata tersebut semakin lama semakin gelap sampai pada sudut antara kedua pasang kacamata tersebut sebesar 90 derajat yang menghasilkan gelap total.

Monitor menggunakan cahaya yang terpolarisasi untuk menghasilkan gambar.  Monitor LCD menggunakan prinsip yang sama dengan kedua kacamata 90 derajat tadi. Monitor LCD terdiri dari beberapa lapis. Lapisan paling belakang ialah backlight (sumber pencahayaan) CFL (backlight LCD) , filter horizontal (nb : ada beberapa LCD yang mempunyai filter vertikal duluan), glass plate horizontal, liquid crystal,glass plate vertikal,filter vertikal, dan yang paling depan ialah color filter.


1. Sumber cahaya dihidupkan, cahaya akan menuju ke filter horizontal
2. Di filter ini, cahaya yang terpolarisasi hanyalah yang searah dengan filter. Artinya, cahaya terpolarisasi secara horizontal.
3. Cahaya yang terpolarisasi horizontal tersebut akan menuju ke liquid crystal. Di dalam liquid crytal terdapat transistor yang dapat mengubah arah daripada cahaya yang masuk secara cepat. Switched off jika cahaya tidak berubah dan swicthed on jika cahaya diubah dari horizontal ke vertikal.

Jika cahaya diubah dari horizontal ke vertikal
1. Cahaya yang terpolarisasi vertikal dapat melewati filter vertikal (searah).
2. Selanjutnya akan menuju ke color filter dan dapat menghasilkan warna contohnya putih (red 255 green 255 blue 255).
Jika cahaya tidak diubah (switched off)
1. Cahaya yang terpolarisasi horizontal akan menuju ke filter vertikal (tidak searah).
2. Filter vertikal akan memblok cahaya yang tidak searah dengannya sehinnga cahaya tidak bisa lewat ditahap ini. Hasilnya, layar akan tampak gelap (red 0 green 0 blue 0).


Animasinya bisa dilihat di sini




Perbandingan monitor LCD dan LED

Seperti yang saya singgung tadi, LCD terbagi menjadi dua berdasarkan metode pencahayaan. LCD dengan backlight CFL (Cathode Fluorescent Lamp) sering disebut sebagai LCD sedangkan LCD dengan backlight LED (Light Emitting Diode) sering disebut LED
Beberapa keunggulan LED dibanding LCD
1. Lebih hemat daya (hemat sekitar 30%-40% dibanding LCD)
2. Tampilan LED lebih tipis (slim) dan ringan daripada LCD karena LED menggunakan edge lightning yang membuatnya menjadi tipis
3. LED mempunyai contrast ratio yang lebih tinggi daripada LCD
Sedangkan keunggulan dari LCD dibanding LED adalah dari segi harga yang lebih ekonomis.



Macam – macam panel pada monitor 

Panel monitor terdiri dari banyak macam yaitu TN (Twisted Nematic), VA(Vertical Alignment),IPS (In Plane Switching), PLS (Plane Line Switching), ASV (Advance Super View), AFFS dll.
Umumnya yang banyak beredar dipasaran ialah TN , VA dan IPS
1. TN (Twisted Nematic) , Panel yang paling banyak ditemukan pada monitor.
Kelebihan :
- Mempunyai response time yang baik (cocok untuk bermain game) biasanya sekitar 1 ms
-  Harga lebih ekonomis
Kekurangan :
- Viewing angel yang buruk (layar akan tampak hitam jika dilihat dari sudut pandang berbeda)
- Contrast ratio yang masih kalah dengan panel monitor lain
- Produksi warna yang masih kurang
2. VA (Vertical Alignmnt), VA terbagi menjadi dua macam yaitu PVA dan MVA. Jenis yang paling banyak digunakan ialah PVA.
Kelebihan :
- Viewing angel dan contrast ratio yang lebih baik dari TN.
- Produksi  warna yang lebih baik
Kekurangan :
- Response time yang lambat (diatas 1 ms)
3. IPS (In-Plane Switching)
Kelebihan :
- Viewing angel yang baik (dapat dilihat sesuai sudut maksimum IPS)
- Produksi warnanya lebih luas dibanding panel-panel lain
- Contrast rationya juga tinggi
Kekurangan :
- Biayanya lebih mahal
- Response time yang lambat (diatas 1 ms).

Perbandingan panel LCD monitor TN dan IPS



Port – Port yang ditemui pada monitor

- D-SUB (VGA Standard) , output analog
- DVI (Digital Video Interface) , kualitas output yang lebih bagus dari D-SUB
    -  DVI-I (-Integrated), outputnya bisa analog dan digital
    -  DVI-D (-Digital), outputnya bisa digital saja.
- HDMI (High Definition Multimedia Interface), membawa data audio dan video digital, termasuk output digital
- Display port (Port terbaru penerus HDMI), output digital. Ditemukan pada produk-produk high end.

Dari kiri-kanan, DVI-D, HDMI, dan Display port


Istilah- istilah dalam monitor
1. Pixel, elemen terkecil monitor yang dapat menghasilkan warna dan gambar. Biasanya ditulis dengan 1920x1080 (Full HD 1080p), 1280x720 (720p).
 1920x1080, artinya terdapat 1920 jumlah pixel pada 1 baris pixel dan terdapat 1080 jumlah pixel pada 1 kolom pixel. Total pixel bisa dihitung dengan mengalikan 1920 dengan 1080.

Didalam pixel terdapat sub-pixel yang terdiri dari 3 warna yaitu merah, biru dan hijau kecuali pada teknologi quatron yang mempunyai 4 warna (tambahan warna kuning).
2. Inch , digunakan untuk menerangkan lebar layar (atas-bawah,kiri-kanan), biasanya disimbolkan dengan (“). Contoh 21.5”(1920x1080).
3. Full HD, menerangkan bahwa ukuran pixel pada monitor tersebut adalah 1080p
4. Cd/m2 , candela per meter persegi yang menjadi satuan dari intesitas cahaya pada monitor. Semakin besar nilai cd/m2 semakin besar intesitas cahaya yang dapat dikeluarkan oleh monitor. Kita juga dapat mengatur intesitas cahaya pada setting brightness pada monitor.
5. Contrast ratio, acuan untuk mengukur kemampuan monitor menghasilkan titik terang dan titik gelap pada monitor. Biasanya ditulis 10000:1, 10M:1,500000:1 dll. Semakin besar contrast ratio semakin baik kualitas monitor.
6. Response time, mengukur kecepatan pixel dalam mengubah status on-offnya(misalnya perubahan warna putih ke kuning). Satuan yang dipakai ialah ms (mili second). Semakin besar nilai ms semakin lambat proses dari input ke output monitor .
7. Viewing angel, menerangkan sudut maksimal yang bisa dilihat pada monitor.
8. 4K, UHD 4K mempunyai jumlah pixel dua kali dari full HD yaitu 3840x2160 sedangkan DCI 4k mempunyai jumlah pixel 4096 x2160.


Perbandingan Full HD, UHD 4K dan DCI 4K




Previous
Next Post »

- -

-                                                                                            -