Mengapa Warna Langit Itu Biru

Mengapa warna langit biru ?


           Penyebab warna langit menjadi biru yang kita lihat ternyata tidak lepas dari pengaruh atmosfer.Atmosfer merupakan pelindung bumi dan biasanya terdiri dari molekul gas nitrogen , oksigen , argon dan uap air.Matahari memancarkan cahaya putih ke bumi. Cahaya putih yang dipancarkan akan melewati moleku-molekul gas dan akan terabsorbsi.Cahaya yang terabsorbsi ini kemudian akan teradiasi sehingga menghasilkan spektrum warna seperti yang kita lihat.

          Cahaya yang masuk melewati atmosfer akan terdispersi menjadi panjang gelombang yang bervariasi.Panjang gelombang yang tinggi jika ditangkap oleh mata akan terlihat seperti warna merah dan kuning sedangkan panjang gelombang yang rendah akan dikenali sebagai warna biru dan hijau.Panjang gelombang yang tinggi akan melewati molekul-molekul gas  yang berada pada atmosfer dan diteruskan secara lurus sedangkan panjang gelombang yang rendah akan dipantulkan kembali dan  akan disebarkan ke segala arah.

          Hal itulah yang menyebabkan warna biru lebih dominan dari warna lainnya. Proses ini dinamakan rayleigh scattering. Rayleigh juga menyatakan bahwa panjang gelombang yang rendah juga akan menyebabkan intesitas perpendaran yang lebih besar.Jika pada senja hari , matahari akan berubah posisi dan jarak pandang kita terhadap matahari berubah sehingga menyebabkan warna langit menjadi merah kekuningan. Warna biru dari laut tidak lain juga merupakan pantulan dari warna langit
         Jadi warna biru langit disebabkan oleh terabsorbsinya cahaya matahari yang dipancarkan dari matahari dan kemudian teradisiasi menghasilkan spektrum warna.Karena panjang gelombang rendah (warna biru) memiliki perpendaran yang lebih besar makan warna biru akan lebih dominan dan langit akan berwarna biru.


Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Farih
admin
February 4, 2016 at 6:47 PM ×

ada juga yang katanya pantulan dari mikro organisme yang ada dilautan

Reply
avatar
Unknown
admin
February 4, 2016 at 7:00 PM ×

owh oke , terima kasih atas infonya :)

Reply
avatar

- -

-                                                                                            -