Mengapa Bumi Layak Dihuni ?

Bumi diketahui sebagai salah satunya planet yang ditinggali makhluk hidup di tata surya kita. Berdasarkan penelitian, jumlah planet yang bisa ditinggali makhluk hidup adalah satu banding ratusan bahkan milyaran planet digalaksi ini. Belum lagi jika dibandingkan dengan galaksi lain seperti galaksi Andromeda. Jadi kenapa bumi bisa menjadi planet yang bisa ditinggali makhluk hidup?



Apakah karena bumi dekat dengan matahari ?



Bumi terlihat biru karena 70% permukaannya berupa lautan. Sekitar 3,5 milyar tahun yang lalu, bakteri yang berasal dari laut merupakan makhluk hidup yang pertama kali muncul. Puluhan juta tahun kemudian, fakta bahwa makhluk hidup membutuhkan air untuk bertahan hidup dapat dilihat dari perkembangan makhluk hidup yang terpusat di laut.
 
Keberadaan air di bumi didukung oleh jarak matahari dan bumi yang pas. Apabila jarak bumi dan matahari lebih dekat, air di sungai dan laut bisa mendidih dan habis menguap layaknya planet venus yang temperatur permukaannya mencapai 460 derajat C sehingga air sangat sulit didapat. Dan sebaliknya jika jaraknya terlalu jauh maka air di sungai akan membeku.

Selain jarak planet dengan matahari, keberadaan atmosfer yang berperan penting pun bisa menentukan. Jika tidak ada atmosfer, temperatur rata-rata di bumi bisa turun sampai -18 derajat C (pada siang hari) dan -270 derajat C (pada malam hari).

Bagaimana jika bumi kehilangan atmosfernya ?



Atmosfer bisa dikatakan sebagai pelindung bumi. Atmosfer bumi memiliki peran besar dalam kehidupan makhluk hidup di bumi. Salah satunya ialah untuk menstabilkan cuaca, suhu dan kelembaban udara dibumi serta menyeimbangkan kondisi dari luar bumi.

Jadi jika matahari memancarkan panasnya ke bumi maka panas yang dipancarkan tidak seutuhnya masuk ke bumi. Lalu bagaimana jika bumi kehilangan atmosfernya ? Salah satu hal yang akan terjadi ialah semua makhluk hidup di bumi akan mati karena atmosfer bumi terdiri dari 78% nitrogen , 20% oksigen dan 1% gas-gas lainnya.


 Selain itu atmosfer bumi juga melindungi bumi dari serangan benda-benda luar yang bergerak bebas (tidak  bergravitasi) seperti meteor.

Jika lapisan troposphere (lapisan paling bawah atmosfer) tidak ada maka bumi akan mengalami kekeringan karena disinilah tempat pembentukan awan hujan. Jika lapisan ionosphere tidak ada, maka kita tidak dapat melakukan kegiatan seperti sekarang ini yaitu mendengarkan berita, mendengarkan musik dari media radio karena disinilah tempat pemantulan gelombang radio.

Apakah bumi merupakan planet terestrial ?

Bumi termasuk sebagai salah satu planet terestrial (permukaan padat). Bumi sebagai planet terestrial memiliki atmosfer yang menghambat air menguap ke luar angkasa. Sebaliknya, di planet gas raksasa seperti jupiter dan uranus, air akan sulit ditemukan karena akan sulit bagi air untuk kembali menjadi air setelah menguap.

Apakah atmosfer bumi mengandung oksigen ?


Meskipun planet seperti venus dan mars termasuk planet terestrial, tetapi di sana tidak ada makhluk yang dapat hidup. Sekitar 20% dari atmosfer bumi adalah oksigen. Sedangkan atmosfer mars dan venus tidak memiliki oksigen. Keberadaan oksigen di bumi merupakan hasil dari fotosintesis. Oksigen dihasilkan dari fotosintesis kumpulan bakteri yang berasal dari organisme pertama Cyanobacteria. Berdasarkan penelitian, oksigen tiba-tiba muncul di atmosfer sekitar 2,2 milyar tahun yang lalu.Zaman es di bumi berakhir dan secara tiba-tiba pemanasan bumi berlangsung. Dari proses inilah sejumlah besar energi mengalir masuk ke lautan dan pada waktu yang sama cyanobacteria berkembang biak dengan cepat. Dari fotosintesis inilah oksigen meningkat drasits.

Jadi bumi merupakan planet yang dapat dihuni karena dipengaruhi oleh banyak hal. Oleh karna itu, bersyukurlah jika kita masih dapat tinggal di planet ini dan jagalah dengan baik.


Newest
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Unknown
admin
January 15, 2017 at 1:25 AM ×

Nice artikel om, jadi nambah pengetahuan

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

- -

-                                                                                            -